Melihat Peluang Usaha Kopi Kekinian, Cuankah?

Industri kopi berupa kedai kopi yang belakangan ini banyak diawali oleh para peminum kopi yang kemudian tertarik untuk menjalankan hobinya ini menjadi sebuah bisnis. Bisnis kopi masih terbilang menjanjikan di 2021 kendati persaingannya yang semakin ketat. Pasalnya, pangsa pasar untuk produk minuman kopi klasik maupun kekinian sangatlah besar. Bisa dibilang, kopi merupakan minuman yang digemari oleh berbagai kalangan dan trennya tak pernah habis dari waktu ke waktu.

Minum kopi saat ini merupakan salah satu budaya yang sering dilakukan oleh orang Indonesia sehari-hari. Seperti diketahui, krisis kesehatan Covid-19 menyebabkan gerai kopi mulai lesu. Tutupnya pusat belanja dan pembatasan jam operasional fasilitas publik seperti stasiun dan sebagainya turut memukul usaha gerai kopi.

Untuk menghindari persaingan bisnis kopi, Anda harus membuat konsep yang kuat. Selain untuk membedakan bisnis Anda dengan bisnis kopi lainnya, konsep bisnis juga dapat membantu menarik konsumen hingga membantu mengembangkan bisnis. Jadi, cobalah cari supplier kopi yang bisa memberikan kualitas baik dengan harga yang cocok. Coffeeland merupakan salah satu supplier kopi yang menyediakan seluruh kebutuhan Coffee Shop / Kedai Kopi. Hanya dengan biaya awal paket usaha mulai dari 78 juta hingga 125,5 juta, Anda sudah bisa memulai bisnsi kopi sendiri. Modal bisnis adalah salah satu hal penting yang harus dipikirkan sebelum memulai bisnis.

Untuk furnitur dan perlengkapan lain, Anda bisa melakukannya dengan mengecek harga secara on-line. Bisa juga dengan berjalan dari satu toko ke toko lain untuk membandingkan harga. Second Wave Coffee lahir karena protes atas kopi berkualitas buruk yang muncul secara membludak di period pertama. Sayang, karena semua serba praktis, First Wave Coffee mendapat kritik karena kualitasnya yang tidak bagus. Kami menyediakan berbagai macam green bean kopi dengan kualitas grade 1 dari berbagai wilayah Indonesia. Kopi ternyata tak hanya sebatas minuman nikmat yang ujung-ujungnya dijadikan hobi.

Usaha/ bisnis kopi

Berikut ini estimasi modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha kedai kopi sederhana dengan peralatan penyeduh manual. Setelah mendapatkan lokasi, jangan lupa membeli perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuka usaha kedai kopi. Seperti misalnya, meja dan kursi, alat atau mesin pembuat kopi, mesin kasir, dan lain-lain.

Dapat disimpulkan jika perencanaan keuangan yang tepat akan berpengaruh besar terhadap keuntungan maupun operasional warung. Ketua Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia, Moelyono Soesilo mengatakan pandemi corona menyebabkan permintaan dan konsumsi Situs Gacor kopi dari hulu hingga hilir menurun. Kafe tidak lagi dikunjungi sebagai tempat pertemuan atau lokasi bekerja selama pandemi dan pembatasan sosial berskala besar . Nantinya seluruh masyarakat Indonesia dapat menjadi investor bisnismu.

Kamu bisa memanfaatkan media online atau pun offline sebagai strategi penjualan. Pastikan untuk penggunaan media on-line buatlah konsep penjualan yang kreatif. Seperti melalui foto, video, dan kontes berhadiah atau promo diskon tertentu. Cari dan temukan tempat yang strategis, nyaman, aman, dan mudah dijangkau untuk bisnis kopi kamu. Lokasi yang strategis adalah yang berdekatan dengan lingkungan mahasiswa, pelajar, perkantoran, sekolah, serta pusat keramaian yang lain.

Bisnis kopi bisa dibangun tanpa modal yang besar, mulai dari peralatan yang sederhana dan bisa dimulai dari kedai kopi kecil-kecilan. Jadi kalau kamu bisa menyajikan minuman kopi yang berkualitas dan nikmat, sekecil apapun usaha kopi yang kamu bangun, pasti akan ramai pelanggan. Jika kamu ingin membuka warung kopi nongkrong yang dapat menampung banyak orang, maka pilihlah lokasi yang berada di pusat keramaian dan memiliki lahan yang luas.

Meski demikian, untuk membuka franchise kopi harus membutuhkan biaya yang tidak sedikit, bahkan bisa merogoh kocek antara ratusan juta hingga milyaran rupiah. Pastikan jika supplier yang kamu pilih memiliki harga yang terjangkau dengan lokasi yang tepat untuk memangkas biaya kirim. Setidaknya perencanaan keuangan ini harus kamu terapkan saat sebelum warung kopi tersebut beroperasi. Hal tersebut pun menjadi sangat wajar, terlebih setiap kedai maupun warung kopi memiliki istilah “Ngopi Santai”.