Eight Inovasi Bisnis Yang Layak Dicoba Saat Pandemi Corona

Melihat kesederhanaan alat peraga yang dapat mempermudah proses pembelajaran di kelas, Ros mulai mengembangkan metode pembelajaran numerasi dengan alat peraga dari bahan dasar barang bekas. Pemilihan bisnis kreatif dapat disesuaikan dengan keterampilan yang dimiliki, pasar, dan penggunaan teknologi. Berikut dua contoh ekonomi kreatif dengan ongkos kecil, tetapi bisa hasilkan untung cukup besar. Bayangkan saja, ada jutaan orang menggunakan sedotan plastik setiap hari? Jika sedotan plastik terus dibiarkan menggunung, apa jadinya bumi tercinta ini?

Salah satunya adalah pemilik model Pulchra Gallery, yang memulai bisnisnya pada tahun 2013. Walau tidak memiliki latar belakang desain fashion, ia berjuang untuk mendalami skill tersebut. Alhasil, bisnis yang awalnya dilakukan dengan menjual produk orang lain kini telah menjadi clothes line orisinil. Native Borneo adalah salah satu produsen kerajinan karpet rotan yang melakukan cara tersebut. Selain karpet yang jadi unggulannya, produk yang dijual berbagai macam, dari dekorasi dinding hingga meja dan kursi lipat.

inovasi daalam membnuat barang

Banyak orang yang memiliki keyakinan bahwa di period teknologi ini untuk memiliki usaha yang sukses diperlukan sebuah teknologi mutahir yang dapat mengoptimalkan usahanya. Hal tersebut memang benar, bahwa teknologi dapat mempercepat proses usaha ataupun bisnis. Tetapi tidak semua usaha ataupun bisnis dapat dikombinasikan dengan teknologi. Sehingga, bila seseorang ingin membangun bisnis yang inovatif dan diminati pasar, maka dia tidak boleh melupakan esensi tersebut. Anda harus melakukan riset pasar terlebih dahulu dan menemukan permasalahan-permasalahan yang dihadapi pasar Anda.

Misalnya saja, paku, cat, bila ingin dijadikan sofa, maka akan diperlukan busa plus kainnya dan sebagainya. Namun, janganlah khawatir, omzet dari bisnis ini sangatlah besar bisa mencapai milyaran rupiah. Selain tidak membutuhkan modal banyak, barang yang dihasilkan dari anyaman bungkusan minuman ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Jadi, bisa diperkirakan Anda akan mendapatkan keuntungan yang sangat banyak.

Bagi sebagian orang barang antik hanyalah sekumpulan barang yang tidak memiliki harga. Sebagai contoh salah satu prototipe kamera movie leica 35mm yang hanya ada 25 unit di dunia dan sekarang tersisa 12 unit hingga hari ini laku terjual dalam pelelangan senilai US$ 2,8 juta atau setara Rp 30,2 miliar. Mungkin pada masanya kamera tersebut tidak akan semahal ini, namun seiring perkembangan zaman membuat harga kamera langka tersebut terus meningkat.

Menggunakan barang bekas, Kamkwamba dibantu warga menciptakan kincir angin sederhana yang terbuat dari bilah kipas mesin traktor, shock absorber, pipa plastik dan beberapa bagian sepeda. Nah, itu dia beberapa cara kreatif dan cerdas dalam membuat produk dari barang bekas yang mungkin bisa menginspirasi kamu dalam memanfaatkan kembali barang bekas dalam kehidupan sehari-hari. Lumayan kan, hasil produk dari barang bekas tersebut bisa kamu manfaatkan untuk di rumah. Kombinasi botol kaca bekas dengan lampu pijar atau LED menghasilkan kesan unik dan menarik yang tak kalah dengan lampu gantung kristal yang di jual di pasaran.

Salah satu tujuan dari inovasi adalah membantu setiap pelanggan dalam memenuhi kebutuhan produk barang dan jasa. Sebagai bentuk untuk mengatasi kesenjangan sosial khususnya di bidang ekonimi di tengah pandemi saat ini, kita dapat melakukan kegiatan yang lebih produktif. Menjadi warga masyarakat yang tidak hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah saja, tetapi kita harus memiki daya berpikir kreatif dan inovatif yang benar- benar dipertaruhkan, untuk dapat bertahan dalam situasi ini. Lakukan sebuah inovatif baru sehingga selalu menciptakan produk baru. Asah kreatifitas dengan melihat-lihat produk di pasaran yang diincar masyarakat atau bisa juga melalui web. Dengan begitu, banyak konsumen yang tertarik membeli dan penjualan produk dari bisnis daur ulang laris manis dipasaran, sehingga pembayaran cicilan pinjaman on-line juga tidak ada hambatan.

Para wirausahawan memiliki tanggung jawab untuk membentuk budaya inovatif dalam perusahaaan mereka dan membuat nuansa kreatif dalam perusahaan yang dimulai dengan misi perusahaan. Inovasi dan kerativitas berbeda wilayah domain yang sama,teapi memiliki batasan yang tegas. Kreatifitas merupakan langkah pertama menuju inovasi yang terdiri atas berbagai tahap. Kreatifitas berkaitan dengan produksi kebaruan dan ide yang bermanfaat sedangkan inovasi berkaitan dengan produksi atau adopsi ide yang bermanfaat dan implementasinya.